Rabu, November 04, 2015

Sistem Pertanian Organik Terpadu

        Pola integrasi antara tanaman dan ternak atau yang sering kita sebut dengan pertanian terpadu adalah memadukan antara kegiatan peternakan dan pertanian. Pola ini sangatlah menunjang dalam penyediaan pupuk kandang di lahan pertanian. Sehingga, pola ini sering disebut pola peternakan tanpa limbah karena limbah peternakan digunakan untuk pupuk, dan limbah pertanian untuk makan ternak. Integrasi hewan ternak dan tanaman dimaksudkan untuk memperoleh  hasil usaha yang optimal dan dalam rangka memperbaiki kondisi kesuburan tanah. Interaksi antara ternak dan tanaman haruslah  saling melengkapi, mendukung dan saling menguntungkan, sehingga dapat mendorong peningkatan efisiensi produksi  dan meningkatkan keuntungan hasil usaha taninya.
Sistem produksi ternak sapi, misalnya yang dikombinasi dengan lahan-lahan pertanian hendaknya dapat disesuaikan dengan jenis tanaman pangan yang diusahakan. Hendaknya ternak yang kita pelihara tidak menggangu tanaman yang kita usahakan, bahkan seharusnya saling mendukung.  Dalam hal ini,  tanaman pangan sebagai komponen utamanya dan ternak menjadi komponen keduanya.
Konsep pertanian terpadu ini perlu kita galakan, mengingat sistem ini di samping menunjang pola pertanian organik yang ramah lingkungan, juga mampu meningkatkan usaha peternakan. Komoditas sapi merupakan salah satu komoditas yang penting yang harus terus ditingkatkan. Oleh karena itu upaya ini dapat digalakan pada tingkat petani baik dalam rangka penggemukan ataupun dalam perbanyakan populasi. Dengan meningkatnya populasi ternak sapi akan mampu menjamin ketersediaan pupuk kandang di lahan pertanian. Sehingga program pertanian organik dapat terlaksana dengan baik,  kesuburan tanah dapat terjaga, dan pertanian bisa berkelanjutan.
Sebenarnya integrasi ternak dan tanaman ini tidak terbatas pada budidaya tanaman padi dengan sapi saja, namun juga dapat dikembangkan integrasi dalam sistem lahan kering dan perkebunan. Semuanya tergantung dari usaha pertanian yang dikembangkan setempat, sehingga limbah pertaniannya dapat bervariasi seperti misalnya limbah jerami padi dilahan sawah dan limbah jerami jagung dilahan kering, limbah tanaman bawang merah pun dapat digunakan untuk pengembangan ternak.
Sistem tumpangsari tanaman dan ternak banyak juga dipraktekkan di daerah  perkebunan.  Tujuan sistem ini adalah untuk pemanfaatan lahan secara optimal.  Di dalam sistem tumpangsari ini tanaman perkebunan sebagai komponen utama dan tanaman rumput dan ternak yang merumput di atasnya merupakan komponen kedua.  Keuntungan-keuntungan dari sistem ini antara lain :
1.      Dari tanaman perkebunannya dapat menjamin tersedianya tanaman peneduh bagi ternak, sehingga dapat mengurangi stress karena panas.
2.      Meningkatkan kesuburan tanah melalui proses kembaliya air seni dan kotoran padatan ke dalam tanah
3.      Meningkatkan kualitas pakan   ternak, serta membatasi pertumbuhan gulma,
4.      Meningkatkan hasil tanaman perkebunan dan
5.      Meningkatkan keuntungan ekonomis termasuk hasil ternaknya.
Sebenarnya sistem pertanian terpadu ini tidak terbatas pada pengusahaan hewan besar saja seperti sapi dan kerbau, namun juga dapat dintegrasikan antara ternak unggas dengan tanaman pangan, hotikultura. Kotoran unggas cukup potensial dimanfaatkan sebagai pupuk.




Ita Nur Fatikha/13566

1 komentar:

  1. -Analisis cyber extension -

    #Nilai Penyuluhan
    -Sumber Teknologi/Ide: pola pertanian organik yang menarik dan mudah penerapannya. pengintegrasian antara pertanian dan peternakan merupakan implementasinya dan penjelasan di atas lebih terarah.
    -Sasaran: Sasarannya adalah seluruh petani khususnya petani yang memiliki kebun sekaligus ternak pribadi.
    -Manfaat: Manfaat yang dihasilkan oleh sistem pertanian terpadu antar peternakan dan pertanian antara lain; 1)Dari tanaman perkebunannya dapat menjamin tersedianya tanaman peneduh bagi ternak, sehingga dapat mengurangi stress karena panas. 2) Meningkatkan kesuburan tanah melalui proses kembaliya air seni dan kotoran padatan ke dalam tanah dan lain lain yang sudah tertera di atas.
    -Pendidikan: penggunaan kotoran hewan sebagai pupuk, maupun kotoran hewan besar seperti sapi, kerbau, ataupun yang hanya sebatas unggas seperti ayam dan bebek. Sistem tumpang sari yang melibatkan pertanian dan peternakan sebagai komponennya.

    #Nilai Berita:
    -Proximity= artikel di atas mengerti kebutuhan petani yang ingin meningkatkan hasil produksi dengan menggunakan cara yang sederhana dan relatif murah.
    -Importance=Informasi di atas jelas mengandung informasi yang dibutuhkan petani untuk memaksimalkan hasil produksi serta memanfaatkan hewan ternak yang mereka punyai sebagai pembantu penyubur lahan dan begitupun sebaliknya
    -Consequence= konsekuensi yang sudah di sebutkan di atas sebagian besar merupakan konsekuensi yang menyenangkan karena keseluruhan dari penerapan kegiatan sistem pertanian terintegrasi dengan peternakan memiliki banyak manfaat dan menstimulus para petani untuk mempertimbangkan keputusan dalam penerapan sistem pertanian tersebut pada lahannya.
    -Human interest= dengan meningkatnya hasil produksi, maka keuntungan pun akan lebih mudah untuk didapatkan. untuk itu, hal ini dapat menyentuh pikiran para petani untuk menerapkan sistem pertanian tersebut.
    -Development= menyatakan bahwa sistem pertanian yang sama telah di terapkan pada lahan perkebunan yang notabene nya memiliki skala lahan yang besar berarti penggunaannya menunjukan keberhasilan karena keberanian dalam suatu perkebunan untuk menerapkan sistem tersebut.

    BalasHapus